Ini Penjelasan Lengkap MANAJEMEN STRATEGI

Ini Penjelasan Lengkap MANAJEMEN STRATEGI

Image source: https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2015/02/16/500745/540x270/ini-penjelasan-manajemen-ihwal-perubahan-logo-arema-20150216230725.jpg

Pengertian Manajemen Strategi
Manajemen strategi atau manajemen strategikadalah keterampilan (seni), teknik, dan ilmu dalam merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasii serta mengawasi berbagai keputusan-keputusan fungsional sebuah organisasi (perusahaan bisnis ataupun non bisnis) yang selalu terpengaruhi oleh lingkungan eksternal dan internal bersama kondisi yang selalu berubah sehingga bisa memberi kemampuan pada perusahaan dalam pencapaian target atau tujuan yang sudah ditetapkan.

Manajemen Strategi

Proses Manajemen Strategi
Berdasarkan dari Definisi Manajemen Strategi diatas, proses dalam Manajemen Strategi meliputi beberapa tahapan: Pengamatan Lingkungan, Perumusan Strategi, Impelmentasi Strategi, Evaluasi Strategi
Perumusan Manajemen Strategik

Perumusan manajemen strategi perusahaan bisa meliputi pengembangan misi usaha, mengidentifikasikan sebuah peluang dan ancaman dari eksternal, mengukur serta menetapkan kelemahan maupun kekuatan internal perusahaan, menetapkan target jangka panjang, menimbang alternatif lain, dan memilih strategi khusus yang akan diterapkan pada masalah masalah tertentu
Cakupan perumusan strategi meliputi obyek baru yang akan dikerjakan, obyek usaha yang akan ditingggalkan, mengalokasikan sumber daya baik itu financial ataupun non finansial, memutuskan apakah dibutuhkan sebuah pengembangan aktivitas ataukah diversifikasi produk, memutuskan pasar domestik atau internasional, dibutuhkan merger atau akuisis apa tidak, menghindar dari akuisisi perusahaan oleh perusahaan pesaing. karena tidak ada perusahaan yang memiliki sumber daya yang tak terbatas, maka sebuah strategi harus berani untuk memutuskan suatu strategi alternatif yang bisa menaruh dampak yang positif yang terbaik supaya memberi keuntungan yang maksimal bagi perusahaan. Sebuah strategi harusnya memberi keunggulan komparatif dan pada akhirnya bisa menaruh keunggulan yang kompetitif dalam jangka panjang, hal itu haruslah menjadi penting bagi manajemen strategi.

Mengimplementasi Strategi

Sering disebut juga tahapan dari aktivitas manajemen strategi. Dalam tahap mengimplementasikan strategi ini perusahaan menetapkan tujuan atau target perusahaan tahunan, menyusun kebijakan, memotivasi para karyawan dan mengalokasikan sumber daya supaya strategi yang telah disusun bisa dijalankan. Implementasi strategi ini meliputi budaya yang mendukungg pengembangan perusahaan, menyiapkan anggaran, memanfaatkan system warta, memotivasi sumber daya manusia supaya mau menjalankan dan bekerja sebaik mungkin. Implementasi strategi membutuhkan disiplin dan kinerja yang tinggi serta imbalan jasa yang mencukupi.
Mengevaluasi dan Pengawasan Strategi

Evaluasi dan Pengawasan strategi artinya tahap akhir didalam proses manajemen strategi. seluruh strategi artinya subyek moditifikasi di masa mendatang, alasannya adalah berbagai faktor baik eksternal maupun internal akan terus mengalami sebuah perubahan.
Evaluasi Strategi meliputi beberapa hal:

Mereview faktor faktor ekternal dan internal yang merupakan dasar bagi setiap strategi yang sedang dijalankan
Mengukur kinerja yang sudah dijalankan
Mengambil sebuah tindakan pemugaran apabila terjadi ketidak sesuaian

Evaluasi strategi ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan karena suatu kesuksesan usaha yang diraih saat ini bukan menjadi keberhasilan dimasa mendatang. Bahkan acapkali kesuksesan usaha pada masa sekarang bisa memunculkan problem yang baru dan tidak sama. Pun demikian bila mengalami kegagalan, maka problem yang baru muncul dan harus dihadapi supaya bisa menghidupkan pulang aktivitas bisnis yang telah gagal
Didalam perusahaan besar, proses perumusan (formulasi) strategi, implementasi, pengevaluasian dan pengawsan strategi ada tiga strata hierarki, strata corporate, tingkat divisi serta strata fungsional.

Prinsip Manajemen Strategi

Prinsip Manajemen Strategi Dibagi menjadi:

Perencanaan Strategi Merembes (menembus), seluruh manajer diberbagai divisi harus belajar untuk berfikir secara strategis, seluruh tingkat managerial akan terlibat didalam manajemen strategi bersama berbagai cara tertentu. tiap pola dan cara yang akan digunakan tidak sama tetapi masih mengarah pada target yang sama, tujuan yang ditetapkan
Perencanaan Komprehensif, maksudnya artinya perencanaan yang sesuai pada kebutuhan serta pengembangan bisnis, tidak didesain bersama asal asalan

Kompenen Proses Manajemen Strategis

Ada beberapa komponen dalam proses manajemen strategi, diantaranya:

Misi Organisasi (perusahaan), merupakan gambaran tujuan tentang keberadaan perusahaan. misi ini meliputi type, ruang lingkup serta ciri tindakan yang akan dijalankan
Tujuan, tujuan merupakan hasil akhir dari sebuah kegiatan. disini akan ditegaskan hal apa ayang akan digapai, kapan waktunya, dan berapa yang harusnya dicpai.
Strategi, merupakan suatu keterampilan atau ilmu dalam memenangkan sebuah persaingan. persaingan artinya perebutan konsumen (pangsa pasar) dan konsumen setiap saat akan mengalami perubahan, maka strategi hendaknya dikelola bersama sedemikian rupa supaya tujuan perusahaan bisa tercapai
Kebijakan, kebijakan merupakan cara dalam mencapai target perusahaan. kebijakan mencakup garis pedoman, aturan-aturan dan prosedur untuk menyokong usaha pencapaian target atau tujuan yang sudah ditetapkan
Profil Perusahaan, menggambarkan kondisi perusahaan baik itu keuangan, sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya fisik lainnya.
Lingkungan Eksternal, merupakan seluruh kekuatan yang akan menaruh pengaruh terhadap pilihan strategi serta mendifinisikan kondisi kompetisinya
Lingkungan Internal, lingkungan internal mencakup seluruh unsur bisnis yang terdapat pada perusahaan
Analisa Strategi dan Pilihan, hal ini ditujukan kepada keputusan dalam investasi untuk masa mendatang
Strategi Unggulan, merupakan agenda umum serta komprhensif atas semua aktivitas primer yang ditujukan pada usaha pencapaian target dalam lingkungan yang bersifat dinamis
Strategi Fungsional, artinya penjabaran strategi umum yang nantinya dijalankan oleh divisi

Landasan Dasar untuk Manajemen Strategi

Manajer strategi harus bisa menganalisa fungsi primer dari bisnis yang ada dan mengerti cara mempengaruhi suatu proses manajemen strategi dan mengetahui bagaimana cara mengintegrasikan-nya. Manfaat kontak fungsi bisnis bersama proses manajemen strategi tak bisa diabaikan. Umumnya ada 3 fungsi primer binis:

Fungsi Produksi
Fungsi Pemasaran
Fungsi Keuangan

Selain tiga diatas masih ada fungsi yang lainnya misalnya SDM (sumber daya manusia), pengembangan dan riset, serta hubungannya bersama rakyat. kesemua fungsi memiliki pengaruh langsung yang sangat besar pengaruhnya terhadap Manajemen Strategi

0 Response to "Ini Penjelasan Lengkap MANAJEMEN STRATEGI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel