Fungsi Pemasaran yg Perlu Diketahui

Fungsi Pemasaran yg Perlu Diketahui

Image source: https://bayu96ekonomos.files.wordpress.com/2008/11/mark-2.jpg

Fungsi Manajemen Pemasaran meliputi riset konsumen, pengembangan suatu produk, komunikasi - promosi, strategi distribusi, penetapan harga produk dan hibahlayanan. Seluruh aktivitas ini dilaksanakan untuk sanggup mengetahui, memenuhi, melayani, serta memuaskan kebutuhan para konsumen. Adapun fungsi asal pemasaran itu sendiri ada beberapa diataranya akan kita bahas dalam artikel ini

Manajemen Pemasaran

Fungsi Pemasaran
Fungsi Pemasaran ialah aktivitas yang dijalankan dalam bisnis yang terlibat didalam menggerakkan barang atau jasa asal penghasil sampai sampai ke tangan para konsumen (William J. Shultz)
Didalam konsep fungsi pemasaran yang dikemukakan oleh Sofjan Assauri [1987: 19] yang meng-pembagian terstruktur mengenai-kan fungsi pemasaran kedalam 3 (tiga) fungsi dasar pemasaran, yaitu :

Fungsi Pembelian dan Penjualan
Fungsi Suply Fisik - pengangkutan dan defleksi (penggudangan)
Fungsi Penunjang - pengamanan, standardisasi dan grading, keuangan (financing), penanggungan terhadap resiko serta informasi pasar

Pada tulisan ini, fungsi pemasaran yang akan disoroti ialah :
[1] Fungsi Pembelian | Buying

Fungsi Pemasaran Pembelian ialah fungsi yang mengikuti aktivitas aktivitas yang mencari serta mengumpulkan barang atau jasa yang diperlukan menjadi persediaan dalam memenuhi kebutuhan para konsumen. Fungsi Pembelian ini intinya ialah sebuah proses atau aktivitas mencari penjual dan adalah timbal balik asal aktivitas penjualan (Selling). Maka daripada itu perlu untuk dipahami aktivitas-aktivitas apa saja yang sanggup menghasilkan orang atau konsumen melakukan pembelian barang atau jasa.
[2] Fungsi Penjualan | Selling

Fungsi Penjualan (Selling) Meliputi aktivitas yang dijalankan untuk mencari para calon pembeli produk atau jasa yang ditawarkan beserta keinginan sanggup memperoleh keuntungan. Aktivitas penjualan ialah lawan asal aktivitas pembelian. aktivitas pembelian (buying) tidak akan pernah terjadi tanpa aktivitas penjualan. demikian pula sebaliknya.
[3] Fungsi Transportasi

Fungsi Transportasi adalah proses pemindahan barang asal suatu daerah dipindahkan ke daerah yang lainnya (pemindahan)
[4] Fungsi Penyimpanan | Penggudangan

Penggudangan atau penyimpanan barang ialah fungsi penyimpanan suatu produk yang telah dibeli menjadi persediaan agar sanggup menghindari resiko kerusakan barang atau resiko resiko yan glain yang sanggup saja muncul
[lima] Fungsi Informasi Pasar

Informasi Pasar ini ialah fungsi pemasaran yang bersifat luas serta penting, ini dikarenakan fungsi informasi pasar ini menyajikan informasi mengenai situasi dan kondisi perdagangan secara umum yang masih berafiliasi beserta produk yang terkait, harga jual yang inginkan oleh konsumen dan situasi kondisi pasar secara holistik.
Menurut Sofjan Assauri [1987: 303] yang dimaksud beserta informasi ialah keterangan yang berupa fakta, data ataupun implikasi analisis, pertimbangan atau sebuah pandangan asal pemberli informasi tentang keadaan kondisi yang secara langsung terkait beserta kebutuhan dalam pengambilan suatu keputusan manajemen

Semua hal hal diatas tentunya wajib dikuasai beserta matang dan mendetail serta penerapan yang tepat oleh pihak Manajemen Pemasaranwalau terkadang dalam penerapannya tentu mengalami dan menghadapi berbagai kendala yang terkadang tidak diperhitungkan sebelumnya. Pemahaman yang utuh atas fungsi manajemen pemasaran nantinya akan sanggup dijadikan bahan kajian asal sebuah strategi pemasaran yang akan dalam terapkan untuk memaksimalkan semua peluang yang ada.

0 Response to "Fungsi Pemasaran yg Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel